Motivasi Positip Untuk Rekan Petani Peternak

Pakan Ternak Alternatif

Pilihan yang sukar bagi peternak bila dihadapkan dengan bahan pakan berkualitas atau konsekwensi produk unggulan. Jelas bahwa kaitan keduanya memiliki korelasi positip saling mempengaruhi. Yang artinya pakan grade tertentu (umumnya standar pabrikan pakan *red) pasti akan memberikan kontribusi signifikan terhadap output. Juga bila pilihan bahan pakan ternak yang asal-asalan. Tentunya akan menurunkan produktifitas dari ternak yang diusahakan.

Ternyata pada kenyataan bahwa hubungan tersebut tidak selamanya benar. Adanya penelitian di salah satu perguruan tinggi negeri menyatakan bahwa pakan pabrikan tidak selalu mempengaruhi output akhir dari bobot ikan yang dikelola. Penelitian ini didasari oleh kepedulian dan latar belakang keilmuan yang mereka miliki. Burger Pakan Ikan (BPI♡) adalah terobosan yang patut diapresiasi. Konversi pakan terhadap peningkatan bobot ikan lele dan bawal dicapai lebih tinggi dengan temuan ini dibanding perlakuan yang sama dengan pakan pabrikan. Kepedulian lain adalah proporsi dari biaya pakan yang bergantung penuh terhadap pabrikan. Disadari sepenuhnya oleh peternak bahwa pakan mengambil porsi 60% s/d 75% struktur biaya. Belum lagi biaya tenaga kerja, juga berapa margin laba yang diharapkan. Dibutuhkan kata sabar untuk dapat menyikapi kondisi ini.

"Sabar" adalah sebuah upaya yang bukan berarti duduk menunggu berdirinya sebuah pabrik yang memihak kepentingan peternak atau petani. Tapi sabar berarti sebuah sikap untuk tidak pernah berhenti dan berupaya. Ada terkandung proses dalam kata tersebut. Berjalan mengupayakan sebuah proses yang lebih efektif dan efisien. Menuntut dihadirkannya sebuah temuan atau terobosan. Bisa berupa penghematan, kiat, atau metode pengerjaan yang efektif. Muara akhir adalah angka efisiensi. Jadi sabar dalam hal ini berarti solutive. Selalu berupaya pantang menyerah untuk dapat menjawab permasalahan. Ulet bisa disandingkan sejajar dengan kata sabar.


Ternyata untuk menjadi luar biasa hanya sedikit butuh kata. "Extra". Kerjakan sesuatu yang benar bukan kerjakan sesuatu yang mudah. Biasakan yang benar dan bukan membenarkan suatu yang telah dibiasakan.

Terakhir tapi bukan merupakan penutup adalah doa. Tuhan hanya membukakan pintu bagi mereka yang mengetuk pintu Nya. Ia hanya merubah nasib bila mereka mau merubahnya. Yang harus dijadikan penutup adalah upaya yang tidak berkesudahan untuk selalu mencari jalan keluar. Sabar menjadi kunci pembuka dan penutup pintu itu. Ora et labora. Anda yang menentukan apakah memiliki kunci tersebut atau tidak.

Sinar harapan pakan ternak adalah upaya, sumbangsih pemikiran kecil yang hendak memberikan alternatif dan kepedulian terhadap komunitas petani peternak disekitarnya. Keberadaan kami disekitar pondok cabe memiliki potensi yang cukup untuk dijangkau komunitas petani peternak sekitar wilayah : Depok, Tanggerang selatan, Parung, Gunung Sindur dan Jakarta selatan

Bersandar pada kepentingan Tuhan, guna merubah nasib yang lebih baik bagi semua ras manusia, demikian pula dengan upaya ini. Upaya yang berharap sejalan dengan kehendak Nya, cerahnya harapan setiap anak manusia di muka bumi. 

Salam sukses, manajemen SHPT.
Contact : 08987300699 /wa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRODUK : Kulit Rajungan Dan Pemanfataanya

PRODUK : Tepung Ikan Dan Kulit Udang

PRODUK : Tepung Roti