PRODUK : Tepung-tepungan Pakan Alternatif

Oat Gandum
===========



Apa kabar hari ini rekan-rekan peternak? Bagaimana perkembangan farm/poultry/fishery anda hari ini? Selalu berharap yang terbaik bahwa setiap kesulitan pasti menyimpan solusi sebagai jalan keluar bahwa harapan hari esok tentu akan lebih baik.Masih seputar pakan ternak alternatif. Telah di mahfumkan secara umum bahwa trending pakan ternak cenderung untuk terus naik. Mengingat bahwa 80% struktur biaya peternak dibentuk oleh faktor pakan maka tidak ada solusi lain selain solusi pakan alternatif. Terkesan bahwa sesuatu yang bersifat alternatif merupakan option kesekian dari option yang ada. Yang tidak disadari bahwa alternatif sering dan dapat disimpulkan menjadi solusi pada kenyataannya. Bila kita menempatkan sesuatu yang ideal tanpa memikirkan alternatif lain yang ada, kita terjebak pada kondisi bahwa ideal adalah segala sesuatunya. Terpikir atau tidak bahwa ideal pula menuntut segala sesuatu sebagai syaratnya.Apabila kenyataan di atas terjadi, apakah kita telah mempersiapkan segala sesuatunya tanpa berkata lain dan mencari segala alasan pembenaran. Terhenti. Stuck pada satu titik karena alternatif bukanlah sesuatu yang selalu kita siapkan dalam semua perencanaan kita. Dalam managemen jelas feedback dari suatu aksi managemen adalah tindakan korekrif. Atau tindakan berikutnya dalam rangka menyelesaikan perencanaan dengan memberikan evaluasi jujur untuk menerapkan koreksi atas pelaksanaannya. Dengan kata lain menyediakan alternative actions yang tersedia untu dapat terus mencapai visi misi dari perencanaan.

Pakan ternak alternatif dari food waste industry ada 2 ragam sebagai output. Pertama, bentuk produk akhir dari proses industrialisasi makanan yang merupakan sampah. Dan yang kedua adalah side produk yang merupakan final produknya. Kedua final produk tersebut, waste dan side product memiliki kegunaannya dalam mendukung faktor industri peternakan. Kedua ragam produk tersebut masih dapat dimanfaatkan sebagai sumber Carbohidrat, Protein, dan Mineral bagi ternak. Tentu dengan effort tertentu produk-produk tersebut siap untuk disajikan sebagai pakan bermutu ternak anda. Ada pula pakan tersebut yang sudah siap untuk dapat dicampurkan dengan unsur pakan lainnya.Oat gandum merupakan salah satu waste yang tersedia untuk dapat diolah sebagai sumber pakan ,(feed) ternak anda. Akan lebih baik bila kita memiliki mesin extruder sebagai sarana pembuat pelet walau dalam bentuk yang paling sederhana. Keberadaan Oat gandum grade feed terjadi karena proses simpan yang melewati batas kadaluarsa segabai bahan makanan (food), atau claim asuransi karena kesalahan pengiriman dan atau kendala cuaca sehingga grade atau quality diluar spesifikasi pembeli. 


Oat gandum adalah gandum dalam bentuk pipih yang merupakan bahan setengah jadi yang dibutuhkan oleh industri makanan. Bahan ini merupakan bahan import.


Tanpa kita ketahui bahwa pabrikan pakan/ feedmill beralih dan telah mengolah waste/ side products food industry untuk menekan pembengkakan biaya bahan karena kenaikan harga dari bahan baku yang biasa digunakan. Permasalahan akan menjadi cukup signifikan bila peternak tradisional tidak melirik ini sebagai peluang dan solusi. Sekali lagi pemain tradisional sebagai pemain terbesar akan menjadi pihak yang kalah dan tertinggal. Sesegera mungkin menyadari posisi yang ada untuk dapat menentukan arah dari persaingan adalah penentu untuk dapat memenangkan posisi tawar menawar. Inilah arti penting dari sebuah kebersamaan dan kekuatan yang dapat merubah arah dan perkembangan pasar pakan ternak yang ada.


Dengan segala perhitungan jumlah nutrisi yang ada dalam oat gandum, maka alternatif pakan (feed) ini dapat dijadikan pertimbangan sebagai bahan penganti nutrisi pakan ternak anda. Di bawah kami sajikan unsur-unsur nutrisi yang terkandung dalam oat gandum yang dapat dijadikan dasar untuk melakukan peralihan ke pakan alternatif. 

Untuk kejelasan kandungan nutrisi oat gandum dapat diakses melalui lUntuk kejelasan kandungan nutrisi oat gandum dapat diakses melalui link ini :https://mobile.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/oat


Dan ingat bila kita berbicara alternatif masih tersedia bahan sumber pakan alternatif lainnya selain yang telah dibahas secara khusus dalam media googleplus SHPT. 


Untuk referensi yang ada, yang secara khusus telah tersedia di SHPT adalah bebeberapa produk bahan pakan (grade feed) sebagaimana tertera berikut di bawah ini :
※ Tepung kulit roti tawar
※ Tepung biscuit
※ Tepung wafer murni (simping) dan tepung wafer  
mixed (kerak wafer)
※ Tepung Mie instan dan remah mie instan
※ Tepung Calcium Kulit Telur
※ Oat gandum
※ Tepung Ampas Jagung Fermentasi
※ Tepung ikan
※ Tepung kepala udang
※ Tepung kulit udang



Salam sukses selalu bagi petani peternak dan selalu untuk berpikir kreatif inovatif. Jadilah orang yang berpikir optimis realistis untuk menjawab semua tantangan yang ada.

Untuk kepentingan peternak yang masih membutuhkan informasi atau kejelasan dan ketersediaan produk bahan alternatif pakan ternak dapat menghubungi kami langsung atau melalui wa : 08987300699. Lokasi seputar Pondok cabe, Pamulang Tanggerang Selatan. Dengan pertimbangan harga Loco gudang dan penghematan biaya pengiriman, kedekatan dengan wilayah Depok, Parung, Tanggerang dan lainnya menjadi alasan kuat kami untuk dapat menyediakan produk yang dibutuhkan seputar bahan pakan alternatif kepada para petani peternak sekitarnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRODUK : Kulit Rajungan Dan Pemanfataanya

PRODUK : Tepung Roti

PRODUK : Tepung Ikan Dan Kulit Udang